Mengapa Pilih Asuransi Kesehatan Syariah? Ini Alasannya


Mengapa Pilih Asuransi Kesehatan Syariah? Ini Alasannya

Selama ini, masih banyak orang yang memiliki anggapan bahwa asuransi ini memiliki hukum yang haram. Solusi untuk polemik tersebut adalah dengan menjatuhkan pilihan pada asuransi kesehatan syariah. Namun bagi Anda yang masih ragu tentunya butuh diberi alasan maupun diyakinkan lebih jauh lagi. Berikut ini beberapa alasan yang bisa dijadikan pertimbangan Anda.

1. Mendapatkan Perlindungan Sekaligus Rasa Aman Lebih

Tidak bisa dipungkiri bahwa tidak pernah ada yang bisa menebak apa yang bakal terjadi di massa depan. Hal itulah yang kemudian membuat setiap orang membutuhkan perlindungan tersendiri. Untungnya, perlindungan sekaligus rasa aman lebih tersebut bisa didapatkan apabila Anda menjatuhkan pilihan pada jenis asuransi ini. Terutama karena sifatnya yang lebih syariah.

2. Menabung untuk Kesehatan Anda Sendiri

Apabila Anda menjatuhkan pilihan pada asuransi dengan basis syariah maka sebenarnya Anda tak ubahnya sedang menabung. Proses menabung ini nantinya digunakan untuk urusan kesehatan dari Anda sendiri. Bedanya menabung dalam asuransi dengan basis syariah ini akan berbentuk premi. Premi inilah yang nantinya bisa dijadikan jaminan untuk Anda di masa mendatangnya.

3. Premi Menjadi Harta Abadi

Salah satu kewajiban yang mesti dilakukan ketika memiliki asuransi adalah untuk melakukan pembayaran terhadap premi. Bedanya untuk asuransi yang berbasis syariah maka premi yang sudah dibayarkan tersebut akan menjadi harta pribadi. Selain premi yang dibayar setiap bulannya bisa bernilai ibadah juga mampu diambil lagi apabila Anda memang sedang membutuhkannya.

4. Menguntungkan Semua Pihak

Tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang ragu menggunakan asuransi karena dianggap hanya meguntungkan segelintir pihak saja. Cerita akan menjadi lain apabila Anda menjatuhkan pilihan pada asuransi yang berbasis syariah. Soalnya asuransi yang berbasih syariah memiliki prinsip yaitu menguntungkan semua pihak dan tidak ada yang akan merasa dirugikan olehnya.

5. Dana Terlindungi Meskipun Mengalami Telat Bayar

Mimpi buruk yang seringkali dirasakan dan dialami oleh setiap orang yang menggunakan asuransi konvenasional adalah telat membayar. Seperti yang diketahui bahwa telat membayar ini akan berujung pinalti yang diberikan. Sesuatu yang pastinya akan sangat merugikan bagi Anda. Hal tersebut tidak akan sampai terjadi apabila Anda menjatuhkan pilihan pada asuransi syariah.

Bukan tanpa alasan karena di asuransi syariah ini sendiri, Anda tidak akan dikenai denda meskipun mengalami telat bayar. Bahkan bukan sampai di situ saja karena dana yang Anda miliki tetap terlindungi meskipun Anda mengalami telat bayar. Dalam arti kata lain, apabila terjadi sesuatu kepada Anda maka pihak asuransi tetap memberikan jaminan dan perlindungan.

6. Premi Bisa Dicairkan sebelum Jatuh Tempo

Bagi Anda yang selama ini menggunakan asuransi konvensional pasti paham betul akan tata cara pencairan premi. Salah satu aturan bakunya adalah premi hanya bisa dicairkan ketika memang sudah jatuh tempo. Padahal seperti yang diketahui, seringkali Anda menghadapi situasi yang tidak terduga dan juga pastinya membutuhkan bantuan yang secara cepat.

Hal tersebut tidak akan terjadi apabila Anda menjatuhkan pilihan pada asuransi kesehatan yang berbasis syariah. Soalnya untuk jenis asuransi yang satu ini ternyata premi bisa dicairkan meskipun belum jatuh tempo. Jadi hal ini akan lebih memudahkan bagi Anda yang seringkali menemukan kondisi tidak terduga dan membutuhkan mencairkan premi dalam waktu dekat.

Dengan semua penjelasan di atas pastinya Anda semakin mengetahui alasan mesti memilih asuransi kesehatan syariah. Apalagi bagi Anda yang selama ini kurang cocok dengan asuransi konvensional yang seringkali tidak sesuai dengan prinsip. Untuk itulah, jenis asuransi syariah ini bisa dijadikan pilihan terbaiknya.