Teknik Komunikasi Pemasaran


Kemajuan dalam bidang teknologi, informasi dan komunikasi menuntut masyarakat untuk menjadi lebih kritis dan cerdas dalam melakukan segala sesuatu.  Kemudahan dalam mendapatkan segala informasi membuat para pekerja dalam bidang marketing atau penjualan diharuskan menjadi lebih kreatif dalam memasarkan produk mereka.  Menjadi seorang marketing haruslah memiliki skill komukasi yang baik.  Mampu menghandle setiap pertanyaan customer dan menanggapi segala keluhan.  Pekerjaan ini membutuhkan personality yang mampu berbaur dalam semua kalangan masyarakat.  Pada kasus tertentu seorang pekerja marketing harus mampu melobi calon customer agar tertarik dan membeli barang mereka. Salah satu hal penting yang menjadi perhatian utama setiap produsen untuk memasarkan barangnya adalah teknik komunikasi pemasaran.  Teknik ini adalah teknik atau cara yang digunakan oleh seorang pekerja marketing dalam membujuk atau memasarkan suatu barang agar konsumen yang mendengar atau melihat tertarik.  Teknik ini bermacam jenisnya tergantung dari barang apakah yang sedang dipasarkan. Dalam dunia industri marketing terdapat istilah Integrated Marketing Communication,  istilah ini berarti adalah tatacara atau panduan dalam melakukan komunikasi marketing.  Pada dasarnya kemampuan berbicara seorang pekerja marketing haruslah mumpuni kemapuan untuk bisa bersosialisasi di segala kondisi serta kemampuan yang baik dalam menyampaikan sesuatu. Kemampuan seorang marketing dalam menjelaskan secara lugas fungsi keunggulan dan manfaat dari suatu barang akan menjadi nilai tambah bagi seorang marketing.


Pentingnya penjelasan tentang kegunaan, keunggulan dan manfaat suatu barang atau jasa akan membuat konsumen lebih bisa mengenali kedua bentuk hal tersebut.  Pengetahuan tentang suatu barang yang baru akan membuat konsumen lebih mudah tertarik karena merasa barang tersebut berguna dan mengikuti perkembangan zaman. Dalam teknik komunikasi pemasaran terdapat beberapa hal penting yang menjadi landasan agar teknik tersebut dapat membawa kesuksesan penjualan barang atau jasa.  Teknik yang baik dan benar akan lebih mengena dalam diri konsumen yang akan membeli barang atau jasa tersebut.  Dalam teknik komunikasi pemasaran terdapat beberapa hal yang dapat digunakan sebagai media atau sebagai bahan penarik minat konsumen. Beberapa hal tersebut diantaranya adalah iklan,  iklan sendiri adalah sarana informasi tentang suatu produk barang atau jasa yang di buat oleh produsen yang bersangkutan untuk memasarkan barang, jasa atau produk yang dia miliki.  Pengiklanan ini memilik berbagai macam bentuk dan fungsi.  Iklan biasanya dibuat dalam konten yang singkat tetapi menarik dan dapat melekat di dalam hati bagi para calon konsumen.  Iklan ini dapat berupa iklan media cetak, elektronik ataupun iklan yang biasa di dengar di radio.  Pada era modern seperti ini pengiklanan tidak hanya terpusat pada media seperti yang sudah di sebutkan seperti televisi radio atau surat kabar.  Pekerja marketing menjadi lebih kreatif dengan membuat iklan atau memasang iklan pada konten-konten media sosial seperti youtube, facebook, blog dan instagram. Teknik komunikasi marketing yang seperti ini menjadi salah satu pilihan utama suatu produsen memasarkan produknya.



Selain melalui iklan mainstream yang terdapat dalam sebuah konten media sosial. Terdapat pula cara pengiklanan baru yaitu melalui trend-trend sosial yang sedang hangat di perbincangkan.  Produser akan meng endorse influencer atau para pekerja kreatif untuk membuat konten dan memasarkan produk mereka.  Dalam kasus seperti ini,  sebuah tim influencer akan membuat konten yang mana didalam konten tersebut akan memasukkan barang atau jasa yang sedang mereka pasarkan. Cara tersebut terbukti cukup ampuh menarik minat generasi muda milenial yang lebih menyukai konten-konten kreatif dari para influencer. Setiap pekerja marketing harus mampu mengidentifikasi calon konsumen dengan baik hingga penjualan barang atau jasa tersebut dapat tepat sasaran.  Menentukan tujuan komunikasi juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan.  Ketika tujuan suatu komunikasi tersebut adalah memasarkan barang maka para pekerja marketing di haruskan untuk dapat mengehandle percakapan tersebut hingga tidak keluar dari jalur yang telah ditetapkan sebelumnya.  Skill penting dalam komunikasi ini akan sangat berpengaruh pada hasil penjualan dari barang atau jasa tersebut.  Semakin kreatif dan unik suatu barang ditawarkan maka akan semakin banyak calon konsumen yang tertarik untuk membeli barang atau jasa tersebut.