Cara Merawat Mobil Warna Putih


Saat permintaan mobil dengan warna putih semakin melonjak naik. Hal ini karena warna putih terlihat elegan dan bersih. Akan tetapi dalam perawatan mobil berwarna putih ini terbilang susah susah gampang. Berikut akan saya jelaskan mengenai cara merawat mobil warna putih agar tetap terlihat bersih dan mengkilap.

1.     Mencuci Dengan Air Bersih

Cara pertama yang dapat anda lakukan adalah dengan mencuci mobil dengan air bersih. Terutama ketika memasuki musim hujan, anda harus ekstra hati hati dalam menjaga mobil putih anda.
Bila mobil anda telah terkena hujan, maka segera anda cuci dengan menggunakan air bersih. Hal ini karena air hujan mengandung asam dan garam yang dapat merusak badan mobil bila tidak segera dicuci dengan air bersih.
Selain air, tentunya kotoran dari tanah juga akan mengenai badan mobil karena genangan yang mengenainya. Anda harus membersihkan kotoran tersebut agar tidak berjamur di badan mobil. Usahakan anda membersihkan seluruh badan dan jangan sampai terlewat kotoran sedikitpun. Hal ini karena mobil putih sangat terlihat bila terdapat kotoran yang menempel di badan mobil.

2.     Hindari Mencuci Di Bawah Panas Matahari

Cara kedua yang dapat anda lakukan adalah dengan menghindari mencuci mobil di bawah panas matahari secara langsung. Hal ini membuat busa sampo mobil cepat mengering yang membuatnya menjadi bercak yang menempel di badan mobil anda. Tentunya bercak tersebut akan mengotori badan mobil anda karena telah menempel menjadi bercak.

3.     Gunakan Shampo Khusus Mobil

Cara ketiga yang dapat anda lakukan adalah dengan menggunakan sampo khusus untuk mobil. Jangan pernah gunakan shampo untuk manusia ataupun sabun pencuci piring. Hal itu akan merusak cat mobil anda. Gunakan shampo khusus mobil yang mengandung pH yang sesuai dengan kualitas badan mobil anda. Sehingga warna mobil anda tetap terjaga dengan baik.

4.     Bilas Dari Atas ke Bawah

Cara keempat yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pembilasan dari arah atas ke bawah. Hal ini dilakukan agar kotoran tidak melekat diatas dan juga tidak menyebar kemana mana. Sehingga kotoran dapat langsung turun dan pencucian mobil dapat lebih efektif.
Seringkali masyarakat melakukan pencucian mobil dengan membilasnya mulai dari bawah ke atas. Hal ini akan membuat anda lama dalam membilas mobil dan bahkan bisa bekerja dua kali.

5.     Keringkan Sampai Bersih

Cara kelima yang dapat anda lakukan adalah dengan melakukan pengeringan hingga bersih ketika telah dicuci. Hal ini dilakukan agar busa sampo tidak menempel di badan mobil yang membuat bercak membandel. Tentu bercak tersebut akan mengotori mobil putih anda.

Oleh sebab itu pada saat membilas mobil, usahakan lakukan dengan hati hati agar tidak ada sedikitpun sisa sabun yang menempel. Dalam pengeringannya, anda harus menggunakan kain lap khusus untuk badan mobil. Jangan pernah gunakan kain lap untuk seluruh bagian mobil. Hal ini bertujuan agar mobil terhindar dari baret yang timbul dari kain lap tersebut.

6.     Poles Mobil setiap 6 Bulan

Cara terakhir yang dapat anda lakukan adalah dengan memoles mobil setiap 6 bulan. Warna putih pada mobil tidak dapat mengkilap hanya dilakukan pencucian saja. Akan tetapi anda juga harus memoles mobil anda secara rutin. Hal ini dilakukan agar mobil anda terlihat bersih dan mengkilap layaknya masih baru.

Adanya pemolesan ini dapat menghilangkan jamur yang bersarang di badan mobil. Perlu diingat bahwa jangan terlalu sering melakukan pemolesan mobil. Hal ini karena dapat merusak warna cat mobil itu sendiri. Anda dapat melakukan pemolesan setiap 6 atau 7 bulan sekali saja.

Perawatan mobil putih terbilang susah susah gampang. Anda dapat melakukan perawatan langsung dari dealer mobil tempat dimana anda membelinya. Jangan lupa untuk mengasuransikan mobil anda pada asuransi mobil ACA untuk melindungi mobil putih anda selama pemakaian.